SISTEM AC (AIR CONDITIONER ) MOBIL
- Compressor
Perangkat ini sebagai elemen AC yang berfungsi
untuk mengatur sirkulasi freon/refrigerant ke condenser.
untuk mengatur sirkulasi freon/refrigerant ke condenser.
- Condenser
Komponen ini mempunyai tugas untuk mendinginkan freon/refrigerant
(mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi).
(mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi).
- Receiver dryer
Komponen ini sebagai tempat penyimpanan freon secara sementara
kondensor mencairkannya, kemudian disalurkan ke evaporator.
Dryer juga berfungsi sebagai penampung dan penyaring kotoran dalam
sistem peredaran dalam AC mobil.
kondensor mencairkannya, kemudian disalurkan ke evaporator.
Dryer juga berfungsi sebagai penampung dan penyaring kotoran dalam
sistem peredaran dalam AC mobil.
- Thermostat
Perangkat yang menyalurkan daya listrik ke compressor secara otomatis.
Pada thermostat terdapat sebuah sensor yang akan mendeteksi suhu di evaporator
(jika suhu mulai dingin maka akan mengaktifkan pemutusan arus listrik agar tidak
mengalami pembekuan)
Pada thermostat terdapat sebuah sensor yang akan mendeteksi suhu di evaporator
(jika suhu mulai dingin maka akan mengaktifkan pemutusan arus listrik agar tidak
mengalami pembekuan)
- Expansion valve
Elemen yang berfungsi sebagai pengubah cairan freon menjadi uap atau kabut
(cairan freon yang dari dyer ke evaporator dengan temperatur dan tekanan yang rendah).
(cairan freon yang dari dyer ke evaporator dengan temperatur dan tekanan yang rendah).
- Evaporator
Perangkat ini berfungsi sebagai penyerap panas dan merubahnya menjadi udara dingin
melalui sirip-sirip pendingin (mengubah cairan freon menjadi gas dingin)
melalui sirip-sirip pendingin (mengubah cairan freon menjadi gas dingin)
- Blower
Komponen ini berfungsi mengeluarkan gas dingin yang dihasilkan oleh refrigrant yang
melewati katup expansi, sehingga udara dingin memasuki ruang kendaraan,
melewati katup expansi, sehingga udara dingin memasuki ruang kendaraan,
.
- Komponen - Komponen Utama AC Mobil meliputi :
Kompresor ( compresor ) Berfungsi memberikan tekanan pada zat pendingin ( refrigerants )
agar bersikulasi pada sistem. Kompresor ada dua jenis yaitu jenis rotari (gerakan rotor di dalam
stator kompresor akan menghisap dan menekan zat pendingin ) dan torak
( untuk menghisap dan menekan zat pendingin dilakukan oleh gerakan torak di dalam silinder
kompresor ). Agar kinerja kompresor tidak terlalu membebani mesin dan lebih awet maka
dipasangi alat bernama pressure swicth untuk mengatur secara otomatis jalannya kompresor.
Keuntungan kompresor rotari :
agar bersikulasi pada sistem. Kompresor ada dua jenis yaitu jenis rotari (gerakan rotor di dalam
stator kompresor akan menghisap dan menekan zat pendingin ) dan torak
( untuk menghisap dan menekan zat pendingin dilakukan oleh gerakan torak di dalam silinder
kompresor ). Agar kinerja kompresor tidak terlalu membebani mesin dan lebih awet maka
dipasangi alat bernama pressure swicth untuk mengatur secara otomatis jalannya kompresor.
Keuntungan kompresor rotari :
- *Karena setiap putaran menghasilkan langkah – langkah hisap dan tekan secara
bersamaan, maka momen putar lebih merata akibatnya getaran/kejutan lebih kecil. - Ukuran dimensinya dapat dibuat lebih kecil & menghemat tempat.
Kerugian :
- Sampai saat ini hanya dipakai untuk sistem AC yang kecil saja sebab pada volume yang
besar, rumah dan rotornya harus besar pula dan kipas pada rotor tidak cukup kuat
menahan gesekan. Kondensor / Kondensator ( condenser Berfungsi mendinginkan atau
memperkecil kalor zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh kompresor.
Pada saat diberi tekanan kompresor suhu zat pendingin menjadi panas, setelah melewati
kondensor menjadi dingin dan berubah jadi cair. - Receiver Dryer / Drier Berfungsi menyerap atau mengeringkan uap air sebagai efek
pendinginan zat pendingin dari kondensor - Katup Ekspansi ( expansion valve )Berfungsi menurunkan tekanan zat pendingin dari
kondensor sebelum masuk ke evaporator, tujuannya agar zat pendingin berfungsi
optimal menyerap panas di sekitar evaporator. Bentuk ekspansi ada yang kotak dan
kapiler. Hati - hati jangan sembarangan gonta - ganti atau mencampur jenis zat pendingin,
sesuaikan dengan spesifikasi AC anda agar sistem terhindar dari kerusakan mengingat
karakter zat pendingin berbeda - beda. - Katup Ekspansi ( expansion valve ) berfungsi mengambil panas zat pendingin agar
menjadi lebih dingin serta merubahnya menjadi gas. Sepintas mirip kondensor cuma
evaporator lebih banyak mengambil panas dibandingkan kondensor.
Evaporator diletakkan dalam dashboard mobil dan dilengkapi motor blower atau kipas
peniup untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil. Agar udara yang
ditiup bersih maka diperlukan filter untuk menyaring kotoran yang ikut tertiup blower.
Dahulu yang umum dipakai adalah freon jenis R - 12 namun karena merusak lapisan ozon maka
diganti dengan jenis R 134a yang ramah lingkungan. Namun perlu diketahui AC yang didesain
menggunakan zat pendingin R - 12 tidak boleh begitu saja dicampur atau full diganti R 134a
tanpa mengganti beberapa sparepart sistem AC dan jenis oli kompresor. Hal ini mengingat
molekul R 134a lebih kecil dari R - 12. Kalau anda memaksakan mencampur tanpa mengganti
spare part dan oli kompresor maka dipastikan kompresor macet / rusak serta sering freon habis
karena bocor. Oli kompresor R - 12 adalah ND-OIL6 (mineral oil) atau ND-OIL7 sedangkan
Oli kompresor R134a adalah ND-OIL8 (synthetic oil) atau ND-OIL9.
diganti dengan jenis R 134a yang ramah lingkungan. Namun perlu diketahui AC yang didesain
menggunakan zat pendingin R - 12 tidak boleh begitu saja dicampur atau full diganti R 134a
tanpa mengganti beberapa sparepart sistem AC dan jenis oli kompresor. Hal ini mengingat
molekul R 134a lebih kecil dari R - 12. Kalau anda memaksakan mencampur tanpa mengganti
spare part dan oli kompresor maka dipastikan kompresor macet / rusak serta sering freon habis
karena bocor. Oli kompresor R - 12 adalah ND-OIL6 (mineral oil) atau ND-OIL7 sedangkan
Oli kompresor R134a adalah ND-OIL8 (synthetic oil) atau ND-OIL9.
- Proses Kerja AC Mobil
Setelah anda mengetahui fungsi dari semua komponen AC mobil, maka selanjutnya mengetahui
proses kerja sistem AC mobil sebagai berikut:
proses kerja sistem AC mobil sebagai berikut:
- Zat pendingin yang sudah didinginkan oleh kondensor berubah bentuk dari gas menjadi cair.
- Zat pendingin yang berbentuk gas diberi tekanan oleh kompresor sehingga beredar dalam sistem
AC,karena adanya tekanan maka zat pendingin menjadi panas. - Kondensor akan medinginkan zat pendingin tersebut (kondensasi),sementara tekanan zat
pendingin masih tetap tinggi dan berubah bentuk menjadi cair.
Dengan demikian ac mobil mempunyai fungsi mengatur suhu udara, mengatur sirkulasi udara,
mengatur kelembaban (humidity) udara, dan mengatur kebersihan udara. Sehingga salah satu dari
beberapa banyaknya perangkat mobil yang sangat penting adalah ac mobil.
Tata letak komponen AC Mobil
mengatur kelembaban (humidity) udara, dan mengatur kebersihan udara. Sehingga salah satu dari
beberapa banyaknya perangkat mobil yang sangat penting adalah ac mobil.
Tata letak komponen AC Mobil
- Cara Mudah Merawat AC Mobil
Berbicara masalah AC Mobil sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan AC lainnya, pada dasarnya
berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja dengan sempurna.
Sekarang ini, AC sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar. Jika AC tidak dingin,
keadaan pun menjadi tidak nyaman, dan jalan keluarnya adalah membuka kaca jendeia mobil.
Namun jika kaca jendela tersebut dibuka, maka debu dan asap kendaraan akan masuk, dan
sebaliknya jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap. Gangguan pada AC biasanya
dikarenakan kurangnya perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan
AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:
1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan
karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak
baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor
AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang
menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi
bocor pada bagian kondensor AC, atur tekanan air sebelum di semprotkan pada unit condensor AC
(kurangi tekanan airnya)
berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja dengan sempurna.
Sekarang ini, AC sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar. Jika AC tidak dingin,
keadaan pun menjadi tidak nyaman, dan jalan keluarnya adalah membuka kaca jendeia mobil.
Namun jika kaca jendela tersebut dibuka, maka debu dan asap kendaraan akan masuk, dan
sebaliknya jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap. Gangguan pada AC biasanya
dikarenakan kurangnya perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan
AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:
1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan
karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak
baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor
AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang
menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi
bocor pada bagian kondensor AC, atur tekanan air sebelum di semprotkan pada unit condensor AC
(kurangi tekanan airnya)
3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena
kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan
membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun
ikut tinggi
kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan
membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun
ikut tinggi
4. Periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan.
Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa
meledak.
Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa
meledak.
5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC/Cooling Coil Unit
karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk
dihilangkan.
karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk
dihilangkan.
6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan
temperaturnya.
7. Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC
dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin
mobil anda.
temperaturnya.
7. Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC
dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin
mobil anda.
8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan
sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab
sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di
pasaran).
sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab
sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di
pasaran).
Rangkaian Dasar Kelistrikan AC Mobil
Berikut adalah rangkaian dasar dari sistem kelistrikan AC yang digunakan pada mobil :
Keterangan :
Pada gambar diatas terdiri atas dua bagian besar, yaitu rangkaian blower dan rangkaian
thermostat.
thermostat.
Rangkaian Blower berfungsi untuk mengatur kecepatan kipas blower dengan menggunakan switch /
saklar blower. Rangkaian ini hanya dasar, dan pada dasarnya setiap AC mobil menggunakan alur ini,
namun dengan berbagai tambahan sesuai dengan kebutuhan.
Rangkaian Thermostat berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus secara otomatis.
Hal ni terjadi berdasarkan besar suhu yang di terima oleh komponen thermostat. Jika suhu pada
ruangan sudah dingin, maka secara otomatis thermostat akan memutuskan arus yang mengalir ke
kopling magnet yang ada dikompresor dengan menggunakan relay, sehingga kompresor berhenti
bekerja. Sebaliknya, jika suhu di ruangan panas atau tidak sesuai dengan keinginan pengguna yang di
setel pada panel pengatur suhu, maka thermostat akan membuka arus yang mengalir ke kopling
magnet dengan menggunakan relay. Sehingga kompresor bekerja.
saklar blower. Rangkaian ini hanya dasar, dan pada dasarnya setiap AC mobil menggunakan alur ini,
namun dengan berbagai tambahan sesuai dengan kebutuhan.
Rangkaian Thermostat berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus secara otomatis.
Hal ni terjadi berdasarkan besar suhu yang di terima oleh komponen thermostat. Jika suhu pada
ruangan sudah dingin, maka secara otomatis thermostat akan memutuskan arus yang mengalir ke
kopling magnet yang ada dikompresor dengan menggunakan relay, sehingga kompresor berhenti
bekerja. Sebaliknya, jika suhu di ruangan panas atau tidak sesuai dengan keinginan pengguna yang di
setel pada panel pengatur suhu, maka thermostat akan membuka arus yang mengalir ke kopling
magnet dengan menggunakan relay. Sehingga kompresor bekerja.
- Masalah AC Mobil dan Solusinya
Cara Kerja Ac Mobil Langkah pertama untuk memahami cara kerja ac mobil atau ac rumah
adalah anda harus memahami masalah hubungan pressure and temperature. Hubungan suhu
dan tekanan, karena pada dasarnya cara kerja ac adalah simulasi hubungan antara suhu dan
tekanan bahan pendingin didalam pipa /selang yang dihubungkan secara seri.antara satu alat
dengan alat yang lainnya. contoh yang paling mantap adalah hubungan suhu udara dengan
tekanan atmospher seperti contoh gambar dibawah ini :
adalah anda harus memahami masalah hubungan pressure and temperature. Hubungan suhu
dan tekanan, karena pada dasarnya cara kerja ac adalah simulasi hubungan antara suhu dan
tekanan bahan pendingin didalam pipa /selang yang dihubungkan secara seri.antara satu alat
dengan alat yang lainnya. contoh yang paling mantap adalah hubungan suhu udara dengan
tekanan atmospher seperti contoh gambar dibawah ini :
sekarang sudah terbayang jika kita ada di puncak mount everest diatas ketinggian 8,8 km diatas
permukaan laut. suhu dapat mencapai minus 40 derajat celcius tekanan udara rendah. alias kurang
oksigen dibandingkan dengan kota tangerang suhu dapat mencapai 35 derajat celcius tapi anda dapat
bernapas lega udara dapat dihirup secara gratis.
Contoh hubungan antara suhu dan tekanan yang juga mantap seperti dibawah ini
permukaan laut. suhu dapat mencapai minus 40 derajat celcius tekanan udara rendah. alias kurang
oksigen dibandingkan dengan kota tangerang suhu dapat mencapai 35 derajat celcius tapi anda dapat
bernapas lega udara dapat dihirup secara gratis.
Contoh hubungan antara suhu dan tekanan yang juga mantap seperti dibawah ini
akhirnya oleh para ahli fisika, kimia dan ahli mekanik diciptakan sebuah alat mesin pendingin dan
bahan pendingin /Refrigerant seperti R-12, R-22 R-134a dll yang memanfaatkan perubahan suhu dan
tekanan bahan pendingin tersebut untuk kepentingan umat manusia. zat-zat bahan pendingin tersebut
harus aman, tidak berbau, tidak meledak, tidak beracun.
bahan pendingin /Refrigerant seperti R-12, R-22 R-134a dll yang memanfaatkan perubahan suhu dan
tekanan bahan pendingin tersebut untuk kepentingan umat manusia. zat-zat bahan pendingin tersebut
harus aman, tidak berbau, tidak meledak, tidak beracun.
Hubungan suhu dan tekanan R134 & R12 yang biasa dipakai di mobil
Cara kerja ac mobil Dalam diagram dibawah ini dapat saya uraikan sebagai berikut : ketika anda
menekan tombol ac di dasbor mobil anda dalam keadaan mesin mobil hidup, maka arus listrik positip
langsung meluncur ke kopling kompresor / magnetic clutch karena ada arus listrik maka kopling
kompresor berubah menjadi magnet dan menekan kompresor dan ahirnya kompresor bergerak, katup
hisap mengisap pada jalur pipa area biru seperti pada gambar
menekan tombol ac di dasbor mobil anda dalam keadaan mesin mobil hidup, maka arus listrik positip
langsung meluncur ke kopling kompresor / magnetic clutch karena ada arus listrik maka kopling
kompresor berubah menjadi magnet dan menekan kompresor dan ahirnya kompresor bergerak, katup
hisap mengisap pada jalur pipa area biru seperti pada gambar
Magnetic clutch Diagram Ac Mobil
hasil hisapan piston kompresor bahan pendingin kemudian ditekan, bahan pendingin merubah suhunya
menjadi panas akibat tekanan piston, kemudian bahan pendingin/freon masuk ke condensor untuk
didinginkan agar merubah wujud dari vapor/gas menjadi cairan selanjutnya gas sudah merubah wujud
menjadi cairan masuk ke dryer/saringan agar jangan sampai ada kotoran/gram, karena gas cairan
bahan pendingin akan masuk ke area yang sangat kecil/sempit yaitu keran ekspansi. selanjutnya cairan
bahan pendingin masuk keran ekspansi untuk masuk ke area evaporator karena lubungnya teramat
kecil, sementara kompresor terus mengisap area evaporator / area warna biru tekanannya menjadi
rendah ketika sebagian kecil bahan pendingin dapat menerobos lubang keran ekspansi maka tekan area
biru bahan pendingin berkisar 25 s/d 35 PSi inilah yang didesain oleh para ahli pembuat ac. kita lihat
tabel tekanan R134a 25-35 psi adalah 29 s/d 40 derajat F dingin, sedangkan tekanan area merah
135 s/d 155 psi suhunya 105 s/d 115 F hangat. akibatnya evaporator menjadi dingin akibat dari bahan
pendingin menguap pada tekanan 25-35 psi, sesuai dengan desain. selanjutnya blower meniupkan
angin melewati evaporator yang sudah dingin, akibatnya udara yang keluar didasbor menjadi dingin
sesuai dengan yang diharapkan.
menjadi panas akibat tekanan piston, kemudian bahan pendingin/freon masuk ke condensor untuk
didinginkan agar merubah wujud dari vapor/gas menjadi cairan selanjutnya gas sudah merubah wujud
menjadi cairan masuk ke dryer/saringan agar jangan sampai ada kotoran/gram, karena gas cairan
bahan pendingin akan masuk ke area yang sangat kecil/sempit yaitu keran ekspansi. selanjutnya cairan
bahan pendingin masuk keran ekspansi untuk masuk ke area evaporator karena lubungnya teramat
kecil, sementara kompresor terus mengisap area evaporator / area warna biru tekanannya menjadi
rendah ketika sebagian kecil bahan pendingin dapat menerobos lubang keran ekspansi maka tekan area
biru bahan pendingin berkisar 25 s/d 35 PSi inilah yang didesain oleh para ahli pembuat ac. kita lihat
tabel tekanan R134a 25-35 psi adalah 29 s/d 40 derajat F dingin, sedangkan tekanan area merah
135 s/d 155 psi suhunya 105 s/d 115 F hangat. akibatnya evaporator menjadi dingin akibat dari bahan
pendingin menguap pada tekanan 25-35 psi, sesuai dengan desain. selanjutnya blower meniupkan
angin melewati evaporator yang sudah dingin, akibatnya udara yang keluar didasbor menjadi dingin
sesuai dengan yang diharapkan.
cara kerja kompresor tipe piston
1. kompressor
1. kompressor
Tip membeli kompresor bekas ex singapura : tekan katup buang/tekan oleh ibu jari tangan kiri anda,
sementara tangan kanan anda memutar magnetic clutch 3-5 kali putaran, kemudian rasakan apakah ada
tekanan angin pada ibu jari tangan anda jika ada pertanda kompresor masih bagus. jika tesnya melalui
katup hisap, 3-5 kali putaran tangan anda merasa tersedot pertanda kompresor masih sangt bagus.
2. Condenser
sementara tangan kanan anda memutar magnetic clutch 3-5 kali putaran, kemudian rasakan apakah ada
tekanan angin pada ibu jari tangan anda jika ada pertanda kompresor masih bagus. jika tesnya melalui
katup hisap, 3-5 kali putaran tangan anda merasa tersedot pertanda kompresor masih sangt bagus.
2. Condenser
condensor berfungsi untuk merubah freon dalam wujud gas dirubah menjadi bentuk cairan, condensor
umumnya terbuat dari pipa bahan almunium atau tembaga jika ditarik lurus pipa kondensor panjangnya
dapat mencapai 12-14 meter
umumnya terbuat dari pipa bahan almunium atau tembaga jika ditarik lurus pipa kondensor panjangnya
dapat mencapai 12-14 meter
3. Drier
drier berfungsi untuk menyaring kotoran agar bahan pendingin bersih dari kotoran-kotoran gram
pertikel besi ataupun yang lainnya dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah menjadi cairan
dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah full ketika freon diisikan kedalam sistem , ciri tes
drier masih bagus atau buruk/jelek adalah cukup ditiup oleh tekanan mulut kita, jika tiupan terasa
enteng maka drier masih cukup bagus untuk digunakan kembali.
4. expansion valve
pertikel besi ataupun yang lainnya dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah menjadi cairan
dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah full ketika freon diisikan kedalam sistem , ciri tes
drier masih bagus atau buruk/jelek adalah cukup ditiup oleh tekanan mulut kita, jika tiupan terasa
enteng maka drier masih cukup bagus untuk digunakan kembali.
4. expansion valve
expansion valve - keran ekspansi berfungsi untuk mengatur seberapa banyak freon yang masuk
kedalam evaporator dan secara otomatis.
kedalam evaporator dan secara otomatis.
5. Evaporator
evaporator berfungsi sebagai tempat menguapnya cairan bahan pendingin sesuai dengan yang
didesain tekanan freon antara 25 - 35 psi lihat tabel suhunya 29-40 derajat fahrenheit Blower dan
evaporator dalam satu unit
didesain tekanan freon antara 25 - 35 psi lihat tabel suhunya 29-40 derajat fahrenheit Blower dan
evaporator dalam satu unit
6. Blower
blower berfungsi untuk meniupkan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator ke ruang kabin
kendaraan.
kendaraan.
7. Thermostat
Fungsi thermostat adalah pengatur suhu seberapa besar suhu yang diinginkan, umum ada dua
konektor satu terhubung ke magnetic clutch kompresor yang satu lagi terhubung ke tombol
dasbor ke jalur listrik positip atau ke relay sesuai dengan desain mobil. cara kerjanya jika suhu
di evaporator yang diinginkan sudah tercapai maka themostat akan memutuskan arus listrik,
maka compressor berhenti istirahat. erputar. maka proses pendinginan terhenti. ketika suhu
evaporator dinginnya mulai berkurang, maka arus listrik terhubung kembali. dan kompresor
berputar kembali.
konektor satu terhubung ke magnetic clutch kompresor yang satu lagi terhubung ke tombol
dasbor ke jalur listrik positip atau ke relay sesuai dengan desain mobil. cara kerjanya jika suhu
di evaporator yang diinginkan sudah tercapai maka themostat akan memutuskan arus listrik,
maka compressor berhenti istirahat. erputar. maka proses pendinginan terhenti. ketika suhu
evaporator dinginnya mulai berkurang, maka arus listrik terhubung kembali. dan kompresor
berputar kembali.
Berikut Termometer untuk mengukur suhu udara angin blower
Berikut Bahan Pendingin R-134a
Berikut Manifold gauge
Manifold gauge berfungsi untuk memasukan bahan pendingin, mengukur tekanan jalur pipa tekanan
rendah dan jalur pipa tekanan tinggi, dan juga berfungsi untuk mendiagnosis masalah/causes ac mobil.
harga satu set manifold gauge relatip murah 75 ribu s/d 150 ribu, saya saran kan belinya di toko alat
alat ac rumah harga lebih murah. Masalah Ac Mobil dan Solusinya Masalah ac mobil kurang
dingin Berikut ini saya uraikan cara mendiagnosis masalah ac mobil, jika ac mobil anda dalam
masalah. Melalui metode pengukuran tekanan sisi bagian rendah dan sisi bagian tinggi ,
maka dengan mudah menditeksi penyebab masalah ac mobil anda. cara diagnosis kerusakan ac mobil
sebaiknya mobil jangan dihidupkan dahulu.! langkah pertama hubungkan selang gauge tekanan rendah
pentil low pressure service value dan selang yang satu ke pentil high pressure service value pastikan
gas freon tidak ada yang keluar dari pentil service. tekanan sisi rendah dan sisi tinggi relatip sama.
Langkah kedua hidupkan mobil kontak ac hidupkan dalam keadaan langsam. atau posisi mesin pada
RPM 2000. lihat tekanan sisi rendah dan sisi tinggi amati. seberapa besar tekanannya Standar Operasi
Normal Ac mobil dingin mantap low side 25-35 psi High side 135-155 Psi Sebagai panduan untuk
menditeksi masalah ac mobil anda Tabel dibawah ini bisa dijadikan panduan Kemungkinan alat yang
rusak Ambient Temperature Skala ° F Low side Gauge Psi High side gauge Psi
Compressor 90 50 120 Condenser 95 55 300 Drier 100 5 305 Keran Ekspansi 95 2 170 Keran ekspansi
95 55 160 Thermostat 97 10 205 Thermostat 98 60 210
rendah dan jalur pipa tekanan tinggi, dan juga berfungsi untuk mendiagnosis masalah/causes ac mobil.
harga satu set manifold gauge relatip murah 75 ribu s/d 150 ribu, saya saran kan belinya di toko alat
alat ac rumah harga lebih murah. Masalah Ac Mobil dan Solusinya Masalah ac mobil kurang
dingin Berikut ini saya uraikan cara mendiagnosis masalah ac mobil, jika ac mobil anda dalam
masalah. Melalui metode pengukuran tekanan sisi bagian rendah dan sisi bagian tinggi ,
maka dengan mudah menditeksi penyebab masalah ac mobil anda. cara diagnosis kerusakan ac mobil
sebaiknya mobil jangan dihidupkan dahulu.! langkah pertama hubungkan selang gauge tekanan rendah
pentil low pressure service value dan selang yang satu ke pentil high pressure service value pastikan
gas freon tidak ada yang keluar dari pentil service. tekanan sisi rendah dan sisi tinggi relatip sama.
Langkah kedua hidupkan mobil kontak ac hidupkan dalam keadaan langsam. atau posisi mesin pada
RPM 2000. lihat tekanan sisi rendah dan sisi tinggi amati. seberapa besar tekanannya Standar Operasi
Normal Ac mobil dingin mantap low side 25-35 psi High side 135-155 Psi Sebagai panduan untuk
menditeksi masalah ac mobil anda Tabel dibawah ini bisa dijadikan panduan Kemungkinan alat yang
rusak Ambient Temperature Skala ° F Low side Gauge Psi High side gauge Psi
Compressor 90 50 120 Condenser 95 55 300 Drier 100 5 305 Keran Ekspansi 95 2 170 Keran ekspansi
95 55 160 Thermostat 97 10 205 Thermostat 98 60 210
Masalah AC mobil Tidak Dingin Dalam kasus ini biasanya yang keluar dari blower hanya angin saja
dinginnya sama sekali tidak ada, maka yang harus dilakukan ada beberapa langkah pengecekan :
periksa fan belt cek magnetic clutch cek sensor tekanan periksa sekering ac periksa relay ac periksa
bahan pendingin
dinginnya sama sekali tidak ada, maka yang harus dilakukan ada beberapa langkah pengecekan :
periksa fan belt cek magnetic clutch cek sensor tekanan periksa sekering ac periksa relay ac periksa
bahan pendingin
langkah pertama hidupkan mobil dan sistem ac dalam keadaan on, periksa drive belt apakah berputar,
jika berputar selanjutnya cek magnetic clutch apakah ikut berputar, jika tidak berputar dapat dipastikan
magnet tidak menerima arus listrik langkah 2 selanjutnya cek sensor tekanan.
jika berputar selanjutnya cek magnetic clutch apakah ikut berputar, jika tidak berputar dapat dipastikan
magnet tidak menerima arus listrik langkah 2 selanjutnya cek sensor tekanan.
coba hubungkan dua kutub sensor tekanan dengan menggunakan kabel pendek jika magnetic clutch
berputar dapat dipastikan penyebab kerusakan adalah sensor tekanan dalam keadaan ac normal tanpa
sensor dapat ac mobil dapat digunakan. jika magnetic clutch tetap tidak berputar selajutnya test arus
listrik, ambil tespen periksa 2 kutub sensor tekanan, jika tespen tidak menyala dapat dipastikan
kerusakannya pada area relay atau sekering, lokasi sekering a/c atau relay biasanya ada dibawah dasbor.
didekat area mesin biasanya kotak sekering maupun relay tertulis A/C
berputar dapat dipastikan penyebab kerusakan adalah sensor tekanan dalam keadaan ac normal tanpa
sensor dapat ac mobil dapat digunakan. jika magnetic clutch tetap tidak berputar selajutnya test arus
listrik, ambil tespen periksa 2 kutub sensor tekanan, jika tespen tidak menyala dapat dipastikan
kerusakannya pada area relay atau sekering, lokasi sekering a/c atau relay biasanya ada dibawah dasbor.
didekat area mesin biasanya kotak sekering maupun relay tertulis A/C
jika semua sistem kelistrikan sudah ok namun ac tidak dingin : ada dua kemungkinan penyebabnya
bahan pendingin habis coba cek pentil untuk memasukan bahan pendingin ,ditekan pakai paku atau
obeng plus jika bahan pendingin masih ada, selanjutnya lakukan langkah matikan mesin : tes magnetic
clutch lepas soket hubungkan dengan kabel 1 meter kemudian langsung jumper ke terminal positip aki
jika tidak terdengan bunyi : trek2 dapat dipastikan magnetnya rusak sumber
Tambahan :
bahan pendingin habis coba cek pentil untuk memasukan bahan pendingin ,ditekan pakai paku atau
obeng plus jika bahan pendingin masih ada, selanjutnya lakukan langkah matikan mesin : tes magnetic
clutch lepas soket hubungkan dengan kabel 1 meter kemudian langsung jumper ke terminal positip aki
jika tidak terdengan bunyi : trek2 dapat dipastikan magnetnya rusak sumber
Tambahan :
DIAGNOSA KERUSAKAN AC
Bermacam cara dapat dilaksanakan untuk pengetesan sistem AC, antara lain:
1. Tes tekanan
1. Tes tekanan
2. Tes temperatur
3. Tes kebocoran
1. Tes Tekanan.
Untuk melakukan tes tekanan, mesin harus berputar pada > 2000 Rpm. Sistem AC yang bekerja
normal saluran hisap (Tekanan Rendah) kompresor, zat pendingin harus berupa gas dengan
tekanan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi).Pada saluran tekan (Tekanan Tinggi) kompresor zat pendingin
masih berbentuk gas dengan tekanan 14,5 – 20 bar (200 – 213 psi).
normal saluran hisap (Tekanan Rendah) kompresor, zat pendingin harus berupa gas dengan
tekanan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi).Pada saluran tekan (Tekanan Tinggi) kompresor zat pendingin
masih berbentuk gas dengan tekanan 14,5 – 20 bar (200 – 213 psi).
- Kedua manometer menunjukkan tekanan yang rendah dari semestinya
Gambar Manometer menunjukkan tekanan lebih rendah
Penyebab :
- Tekanan yang kurang pada saluran tekan dan saluran hisap kompresor menunjukkan zat pendingin yang
beredar dalam sistem volumenya sudah berkurang.
Kekurangan zat pendingin yang sudah diisi penuh disebabkan kebocoran pada sistem, akibatnya sistem
AC bekerja tidak efisien (AC kurang dingin). - Bila tekanan tinggi diukur setelah saringan, hal ini bisa menunjukkan saringan sudah kotor.
b. Kedua manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar
Gambar manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar
Penyebab :
- Pengisian zat pendingin terlalu banyak.Tekanan pada bagian tekanan tinggi akan naik, volume zat
pendingin yang disemprotkan katup ekspansi akan lebih besar, menyebabkan saluran tekanan rendah
naik pula tekanannya. - Pendingin kondensor yang kurang baik, menyebabkan temperatur evaporator menjadi naik, dan tekanan
pipa kontrol katup ekspansi akan naik juga mengakibatkan katup ekspansi akan selalu membuka.
Tekanan kedua bagian saluran tekanan tinggi dan rendah akan naik. - Bila manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar lagi pada kedua saluran, hal ini berarti ada uap
air yang beredar dalam sistem. - Pengisian zat pendingin yang terlalu banyak harus dihindari, karena sistem AC bekerja lebih berat dan
terasa kurang dingin.
c. Manomater tekanan rendah lebih tinggi dan manometer tekanan tinggi lebih rendah
Gambar Manometer tekanan rendah lebih tinggi dan tekanan tinggi lebih rendah
Penyebab :
- Kebocoran pada bagian–bagian yang bergesekan dari kompresor seperti katup–katup cincin torak,
menyebabkan kompresor tidak bekerja dengan baik. - Langkah tekan kompresor tidak menghasilkan tekanan yang lebih tinggi dan temperatur evaporator naik,
katup expansi akan selalu terbuka. - Katup–katup kompresor yang rusak akan menyebabkan zat pendinginan yang ditekan akan mengalami
kebocoran kebagian saluran hisap, akibatnya saluran hisap tekanannya akan lebih naik/tinggi dan bagian
saluran tekanan, tekanannya akan turun/rendah
2. Tes temperatur.
a. Mengukur temperatur udara dalam saluran evaporator.
Pengetesan kemampuan sistem AC dengan cara ini masih pada putaran mesin ? 2000 rpm,
AC bekerja dengan beban penuh dan pengetesan dengan manometer menunjukkan sistem tidak
ada kesalahan.
AC bekerja dengan beban penuh dan pengetesan dengan manometer menunjukkan sistem tidak
ada kesalahan.
Gambar pengukuran temperatur udara dalam saluran evaporator
Tabel perbandingan temperatur udara luar dan temperatur udara dalam saluran evaporator di
bawah ini, dapat dijadikan pedoman untuk tes temperatur.
bawah ini, dapat dijadikan pedoman untuk tes temperatur.
Tabel perbandingan temperatur
b. Mengukur temperatur ruangan AC & kelembaban
Prosentase kelembaban udara relatif yang lebih besar dapat diturunkan oleh sistem AC, karena
udara yang basah/lembab akan dikeringkan oleh evaporator, hal ini terlihat adanya tetesan air
(kondensasi) di sekitar pipa – pipa evaporator. Menggunakan Higrometer kita dapat mengukur
kelembaban udara dalam ruangan AC, kelembaban udara yang ideal adalah 45 –50% dengan
temperatur ruangan 20 - 22ºC. Bila kelembaban udara luar tidak jauh berbeda dengan
kelembaban udara dalam ruangan AC, hal ini berarti evaporator terlalu basah & kotor.
Gejala ini juga terasa AC kurang dingin.
udara yang basah/lembab akan dikeringkan oleh evaporator, hal ini terlihat adanya tetesan air
(kondensasi) di sekitar pipa – pipa evaporator. Menggunakan Higrometer kita dapat mengukur
kelembaban udara dalam ruangan AC, kelembaban udara yang ideal adalah 45 –50% dengan
temperatur ruangan 20 - 22ºC. Bila kelembaban udara luar tidak jauh berbeda dengan
kelembaban udara dalam ruangan AC, hal ini berarti evaporator terlalu basah & kotor.
Gejala ini juga terasa AC kurang dingin.
3. Tes kebocoran
Mengetes kebocoran zat pendingin pada sistem dapat dilakukan dengan macam– macam cara,
secara sederhana dapat dilakukan dengan memeriksa sambungan – sambungan instalasi pipa
memakai busa sabun, atau dengan kompor nyala api sipiritus.
secara sederhana dapat dilakukan dengan memeriksa sambungan – sambungan instalasi pipa
memakai busa sabun, atau dengan kompor nyala api sipiritus.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar