Kamis, 21 Desember 2017

Materi Sistem AC (Air Conditioner)

SISTEM AC (AIR CONDITIONER ) MOBIL
Peralatan AC yang ada di mobil secara garis besar terdiri dari :
    
Picture
  1. Compressor
Perangkat ini sebagai elemen AC yang berfungsi 
untuk mengatur sirkulasi freon/refrigerant ke condenser.

Picture
  1. Condenser
Komponen ini mempunyai tugas untuk mendinginkan freon/refrigerant 
(mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi).

Picture
  1. Receiver dryer
Komponen ini sebagai tempat penyimpanan freon secara sementara
 kondensor mencairkannya, kemudian disalurkan ke evaporator.
 Dryer juga berfungsi sebagai penampung dan penyaring kotoran dalam
 sistem peredaran dalam AC mobil.

Picture
  1. Thermostat   
Perangkat yang menyalurkan daya listrik ke compressor secara otomatis.
 Pada thermostat terdapat sebuah sensor yang akan mendeteksi suhu di evaporator 
(jika suhu mulai dingin maka akan mengaktifkan pemutusan arus listrik agar tidak
 mengalami pembekuan)

Picture
  1. Expansion valve
Elemen yang berfungsi sebagai pengubah cairan freon menjadi uap atau kabut 
(cairan freon yang dari dyer ke evaporator dengan temperatur dan tekanan yang rendah).

Picture
  1. Evaporator
Perangkat ini berfungsi sebagai penyerap panas dan merubahnya menjadi udara dingin 
melalui sirip-sirip pendingin (mengubah cairan freon menjadi gas dingin)

Picture
  1. Blower
Komponen ini berfungsi mengeluarkan gas dingin yang dihasilkan oleh refrigrant yang
 melewati katup expansi, sehingga udara dingin memasuki ruang kendaraan,

.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzCq0-CK4phhjudTHiCWuJMQYVz-4RPv7olwF143hilOL6ha3-_rbEhsGCZZtTFYcZ3A1Z3BUkcCqFEJPvFAu-XNRZ9qft2aMeDNADWAzkYg3CmNiAmzp_P5Vej-2Dkm_oTPDYtFShZOuU/s400/gambar+foto+skema+bagan+diagram+sistem+ac+mobil.jpg
  1. Komponen - Komponen Utama AC Mobil meliputi :
Kompresor ( compresor ) Berfungsi memberikan tekanan pada zat pendingin ( refrigerants )
 agar bersikulasi pada sistem. Kompresor ada dua jenis yaitu jenis rotari (gerakan rotor di dalam
 stator kompresor akan menghisap dan menekan zat pendingin ) dan torak
 ( untuk menghisap dan menekan zat pendingin dilakukan oleh gerakan torak di dalam silinder
 kompresor ). Agar kinerja kompresor tidak terlalu membebani mesin dan lebih awet maka
 dipasangi alat bernama pressure swicth untuk mengatur secara otomatis jalannya kompresor.
Keuntungan kompresor rotari :
  • *Karena setiap putaran menghasilkan langkah – langkah hisap dan tekan secara
     bersamaan, maka momen putar lebih merata akibatnya getaran/kejutan lebih kecil.
  • Ukuran dimensinya dapat dibuat lebih kecil & menghemat tempat.
Kerugian :
  • Sampai saat ini hanya dipakai untuk sistem AC yang kecil saja sebab pada volume yang 
    besar, rumah dan rotornya harus besar pula dan kipas pada rotor tidak cukup kuat
     menahan gesekan. Kondensor / Kondensator ( condenser Berfungsi mendinginkan atau
     memperkecil kalor zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh kompresor.
     Pada saat diberi tekanan kompresor suhu zat pendingin menjadi panas, setelah melewati
     kondensor menjadi dingin dan berubah jadi cair.
  • Receiver Dryer / Drier Berfungsi menyerap atau mengeringkan uap air sebagai efek
     pendinginan zat pendingin dari kondensor
  • Katup Ekspansi ( expansion valve )Berfungsi menurunkan tekanan zat pendingin dari
     kondensor sebelum masuk ke evaporator, tujuannya agar zat pendingin berfungsi 
    optimal menyerap panas di sekitar evaporator. Bentuk ekspansi ada yang kotak dan
     kapiler. Hati - hati jangan sembarangan gonta - ganti atau mencampur jenis zat pendingin,
     sesuaikan dengan spesifikasi AC anda agar sistem terhindar dari kerusakan mengingat 
    karakter zat pendingin berbeda - beda.
  • Katup Ekspansi ( expansion valve ) berfungsi mengambil panas zat pendingin agar
     menjadi lebih dingin serta merubahnya menjadi gas. Sepintas mirip kondensor cuma 
    evaporator lebih banyak mengambil panas dibandingkan kondensor. 
    Evaporator diletakkan dalam dashboard mobil dan dilengkapi motor blower atau kipas 
    peniup untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil. Agar udara yang 
    ditiup bersih maka diperlukan filter untuk menyaring kotoran yang ikut tertiup blower.
Dahulu yang umum dipakai adalah freon jenis R - 12 namun karena merusak lapisan ozon maka 
diganti dengan jenis R 134a yang ramah lingkungan. Namun perlu diketahui AC yang didesain
 menggunakan zat pendingin R - 12 tidak boleh begitu saja dicampur atau full diganti R 134a
 tanpa mengganti beberapa sparepart sistem AC dan jenis oli kompresor. Hal ini mengingat
 molekul R 134a lebih kecil dari R - 12. Kalau anda memaksakan mencampur tanpa mengganti 
spare part dan oli kompresor maka dipastikan kompresor macet / rusak serta sering freon habis
 karena bocor. Oli kompresor R - 12 adalah ND-OIL6 (mineral oil) atau ND-OIL7 sedangkan
 Oli kompresor R134a adalah ND-OIL8 (synthetic oil) atau ND-OIL9.


  1. Proses Kerja AC Mobil
Setelah anda mengetahui fungsi dari semua komponen AC mobil, maka selanjutnya mengetahui
 proses kerja sistem AC mobil sebagai berikut:
ac expansion valve system Prinsip Kerja AC Mobil Anda

  1. Zat pendingin bertekanan tinggi dari kompresor berupa gas.
  2. Zat pendingin yang sudah didinginkan oleh kondensor berubah bentuk dari gas menjadi cair.
  3. Zat pendingin yang telah diturunkan tekanannya oleh katup ekspansi, berubah bentuk menjadi
     uap.
  4. Zat pendingin yang telah menyerap panas pada evaporator berubah bentuk menjadi gas.
  5. Zat pendingin yang berbentuk gas diberi tekanan oleh kompresor sehingga beredar dalam sistem
     AC,karena adanya tekanan maka zat pendingin menjadi panas.
  6. Kondensor akan medinginkan zat pendingin tersebut (kondensasi),sementara tekanan zat
     pendingin masih tetap tinggi dan berubah bentuk menjadi cair.
Dengan demikian ac mobil mempunyai fungsi mengatur suhu udara, mengatur sirkulasi udara,
 mengatur kelembaban (humidity) udara, dan mengatur kebersihan udara. Sehingga salah satu dari 
beberapa banyaknya perangkat mobil yang sangat penting adalah ac mobil. 
Tata letak komponen AC Mobil

http://autobliz.files.wordpress.com/2008/05/automotive_heating_and_cooling_system_under_the_hood.jpg
  1. Cara Mudah Merawat AC Mobil
Berbicara masalah AC Mobil sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan AC lainnya, pada dasarnya
 berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja dengan sempurna. 
Sekarang ini, AC sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar. Jika AC tidak dingin,
 keadaan pun menjadi tidak nyaman, dan jalan keluarnya adalah membuka kaca jendeia mobil. 
Namun jika kaca jendela tersebut dibuka, maka debu dan asap kendaraan akan masuk, dan 
sebaliknya jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap. Gangguan pada AC biasanya 
dikarenakan kurangnya perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan
 AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:
1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan
 karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak
 baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor
 AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang
 menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi
 bocor pada bagian kondensor AC, atur tekanan air sebelum di semprotkan pada unit condensor AC
 (kurangi tekanan airnya)
3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena 
kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan
 membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun
 ikut tinggi
4. Periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan. 
Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa 
meledak.
5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC/Cooling Coil Unit
  karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk 
dihilangkan.
6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan 
temperaturnya.
7. Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC 
dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin
 mobil anda.
8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan 
sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab
  sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di
 pasaran). 

Rangkaian Dasar Kelistrikan AC Mobil

Berikut adalah rangkaian dasar dari sistem kelistrikan AC yang digunakan pada mobil :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibheM8IP20PsLkRfuUNJ_UHtv_QrZ5uXUG-wF_NKt5uXIDCJhPsYhZ6IpC7RcntQBJ0xY6shZmrlZMofbZqUvZUfvV8b7gwma7tQCVhTf6AOaSE1VoFcxTtFiAe016UpUHBNKlVg14Y6E/s400/rangkaian+kelistrikan+AC.png
Keterangan :
Pada gambar diatas terdiri atas dua bagian besar, yaitu rangkaian blower dan rangkaian 
thermostat.
Rangkaian Blower berfungsi untuk mengatur kecepatan kipas blower dengan menggunakan switch /
 saklar blower. Rangkaian ini hanya dasar, dan pada dasarnya setiap AC mobil menggunakan alur ini, 
namun dengan berbagai tambahan sesuai dengan kebutuhan.
Rangkaian Thermostat berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus secara otomatis.
 Hal ni terjadi berdasarkan besar suhu yang di terima oleh komponen thermostat. Jika suhu pada
 ruangan sudah dingin, maka secara otomatis thermostat akan memutuskan arus yang mengalir ke 
 kopling magnet yang ada dikompresor dengan menggunakan relay, sehingga kompresor berhenti
 bekerja. Sebaliknya, jika suhu di ruangan panas atau tidak sesuai dengan keinginan pengguna yang di 
setel pada panel pengatur suhu, maka thermostat akan membuka arus yang mengalir ke kopling 
magnet dengan menggunakan relay. Sehingga kompresor bekerja.

  1. Masalah AC Mobil dan Solusinya 
Cara Kerja Ac Mobil Langkah pertama untuk memahami cara kerja ac mobil atau ac rumah
 adalah anda harus memahami masalah hubungan pressure and temperature. Hubungan suhu 
dan tekanan, karena pada dasarnya cara kerja ac adalah simulasi hubungan antara suhu dan
 tekanan bahan pendingin didalam pipa /selang yang dihubungkan secara seri.antara satu alat
 dengan alat yang lainnya. contoh yang paling mantap adalah hubungan suhu udara dengan
 tekanan atmospher seperti contoh gambar dibawah ini : 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVF0hc_nX5Syfx_iCRF-RgilkZNDPpSh74bR68T5MJDjS6ca04ORWv-hahZQgMl6aqdPDcbZF7FscCoyM2HJFMx2j53bXqmmnupNYLeypIHy9ecQsNZbEDd32wsf6P_NFBQFZCsSJeek4/s320/atmosphere-temperature.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYard8rUeIEqeabCsE3iZwRjsW1q-reNhM0srEZ7Dk2-YHFKCEI2ehN-0nGe6BzKqv04RVq1ufJ5LSUU8k7g18vtCw5Qf2IC20Nf-xhkPe-veG1bN5Y4KHq8fapyiVe02qFyhgk8JYFqg/s400/pressure+and+temperature.gif
sekarang sudah terbayang jika kita ada di puncak mount everest diatas ketinggian 8,8 km diatas 
permukaan laut. suhu dapat mencapai minus 40 derajat celcius tekanan udara rendah. alias kurang 
oksigen dibandingkan dengan kota tangerang suhu dapat mencapai 35 derajat celcius tapi anda dapat
 bernapas lega udara dapat dihirup secara gratis.
Contoh hubungan antara suhu dan tekanan yang juga mantap seperti dibawah ini 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguaFYUnIVV5dQB7FqfAdDlb-fTgz_z9fsZZBx0sAugipSAYMxiU7W9v7jN3TZtvxS-CN-WZaUXm88JoTmaRqoxRNLVJ6TG4qClw6c3SuDFyBBpLBlWX3mYESV2CVuF4b7IDCZg34WNg_Q/s400/VaporPressureChart.png
akhirnya oleh para ahli fisika, kimia dan ahli mekanik diciptakan sebuah alat mesin pendingin dan 
bahan pendingin /Refrigerant seperti R-12, R-22 R-134a dll yang memanfaatkan perubahan suhu dan 
tekanan bahan pendingin tersebut untuk kepentingan umat manusia. zat-zat bahan pendingin tersebut 
harus aman, tidak berbau, tidak meledak, tidak beracun. 
Hubungan suhu dan tekanan R134 & R12 yang biasa dipakai di mobil
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHB2rY5oXw9aoN5oL5W3g7K47dlAVGWSdcoS6W7vtuWDbtU2atQ5BUChyTSdS0wL33ddtmcovVZxrYHAyKYubs3flI8mVtSnJoEAplNPwR0OVhqOkC52t4TxwcILA3C8RXO-GOSkhpkW8/s640/r134a+dan+r12.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOqX3AquK4CcsJOI3oAa9OUanfE4AevTzPqRClQAlzaG4lJYilZnkXl_VsCzLT4hQtEZPdjGAXvd1gGq5GtnOannMiA0CenOqi6i_FKWLLdHXBoVvKFx2fWSdr5W06ScB-SXoH6Br2Wcw/s400/Temp-pressure-chart-33776F.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMwWa3zkAIRsoSQtkQf6PRsJjnY7kqbvh5fJUQCrXTEtYimoh6DE5ccLxzEosKFkixo2AeHFELKqrQRBNn6MNPtOZMYsiuD73glOgorddqra3jiA-uyyCyIiofcbuEz-pG7pS40OQcUvA/s320/temperature-pressure-diagram-refrigerants-kpa+skynet.png
Cara kerja ac mobil Dalam diagram dibawah ini dapat saya uraikan sebagai berikut : ketika anda 
menekan tombol ac di dasbor mobil anda dalam keadaan mesin mobil hidup, maka arus listrik positip
langsung meluncur ke kopling kompresor / magnetic clutch karena ada arus listrik maka kopling
 kompresor berubah menjadi magnet dan menekan kompresor dan ahirnya kompresor bergerak, katup
 hisap mengisap pada jalur pipa area biru seperti pada gambar 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3ZRLeLVUSU8jxitG30q-GFwBZEsNm6TW8rvSMCjefi4PT-mmQ72aeAf4VY_IFRJB0tI9i8Cdes3Y3BCaYPYAQEesutjsuXZ1QwXP77wn8BqZmbCT9Q_UgR2-Yn1Sl9Bt4Oy4HlPbBFno/s1600/magnetic+clutch2.jpeg
Magnetic clutch Diagram Ac Mobil 
hasil hisapan piston kompresor bahan pendingin kemudian ditekan, bahan pendingin merubah suhunya
 menjadi panas akibat tekanan piston, kemudian bahan pendingin/freon masuk ke condensor untuk 
didinginkan agar merubah wujud dari vapor/gas menjadi cairan selanjutnya gas sudah merubah wujud
 menjadi cairan masuk ke dryer/saringan agar jangan sampai ada kotoran/gram, karena gas cairan 
bahan pendingin akan masuk ke area yang sangat kecil/sempit yaitu keran ekspansi. selanjutnya cairan
 bahan pendingin masuk keran ekspansi untuk masuk ke area evaporator karena lubungnya teramat 
kecil, sementara kompresor terus mengisap area evaporator / area warna biru tekanannya menjadi 
rendah ketika sebagian kecil bahan pendingin dapat menerobos lubang keran ekspansi maka tekan area
 biru bahan pendingin berkisar 25 s/d 35 PSi inilah yang didesain oleh para ahli pembuat ac. kita lihat
 tabel tekanan R134a 25-35 psi adalah 29 s/d 40 derajat F dingin, sedangkan tekanan area merah 
135 s/d 155 psi suhunya 105 s/d 115 F hangat. akibatnya evaporator menjadi dingin akibat dari bahan 
pendingin menguap pada tekanan 25-35 psi, sesuai dengan desain. selanjutnya blower meniupkan 
 angin melewati evaporator yang sudah dingin, akibatnya udara yang keluar didasbor menjadi dingin
 sesuai dengan yang diharapkan. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrlCfUozVRhyphenhyphen7rGQETqY-UFQA46VpwxKuY_vko-fgTCZaJP-gWNNt0pXFmuDO8VNZ-rkIVEVH3EOIvw_lmIc3tkpNLr3xg3SObkUjn8D5ZGmsymONQmpSyS9ckepqUJMbbrDZNji3rUJs/s1600/cara+kerja+Compressor.gif
cara kerja kompresor tipe piston
1. kompressor  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKl-QCnLYayG8t1dlLTLaAs5b2yOPgXIth21N-nV6npg9w2PsUkz3L1ZJ3LXZZue8oPm-FoElo-7EAxDBgXMm8sycAK21F5OqM4KLxZi6X7rO_pT-_Zxl6smpsFahVi6zk3VUw4OAL3wo/s1600/ac+compressor.jpeg
Tip membeli kompresor bekas ex singapura : tekan katup buang/tekan oleh ibu jari tangan kiri anda, 
sementara tangan kanan anda memutar magnetic clutch 3-5 kali putaran, kemudian rasakan apakah ada
 tekanan angin pada ibu jari tangan anda jika ada pertanda kompresor masih bagus. jika tesnya melalui
 katup hisap, 3-5 kali putaran tangan anda merasa tersedot pertanda kompresor masih sangt bagus.  
2. Condenser 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEWxFKAPZVRWylw1UfHKFlyLTt1ON1CnBuLAm-KuJxXxD-akKipoRwHFHHDivid7Q6MOsa5Jhev2Ubu4NP2jNWugAlWmb6EHDp5M4lmeErBHb1aX3UwDP9cYZy3Wt-VBKJ3L7KHGEtf28/s1600/condenser.jpeg
condensor berfungsi untuk merubah freon dalam wujud gas dirubah menjadi bentuk cairan, condensor 
umumnya terbuat dari pipa bahan almunium atau tembaga jika ditarik lurus pipa kondensor panjangnya
 dapat mencapai 12-14 meter
3. Drier 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-sE1lQDkkJM12TPvRCUHJOa63uHZvg82IQw-CUeQERZyN2YKnQKSG_NyqxRuzoyVNnhUSt3iLs1CbSLVyM-G4vjS_bYISGw63J___QEYURfJ11u6wXiyPWse0XvD_zKOqQLmAstzOTFQ/s1600/drier1.jpeg
drier berfungsi untuk menyaring kotoran agar bahan pendingin bersih dari kotoran-kotoran gram 
pertikel besi ataupun yang lainnya dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah menjadi cairan
 dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah full ketika freon diisikan kedalam sistem , ciri tes
 drier masih bagus atau buruk/jelek adalah cukup ditiup oleh tekanan mulut kita, jika tiupan terasa
 enteng maka drier masih cukup bagus untuk digunakan kembali.
4. expansion valve 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8054GO4c0CZkUKhFPp-kq52OYab8S52Z4r1BBNK9AF6uOd1Nvzwnjr9qaTiqmp-LtUrVbgl-WIu5jzCJM7KsptnGHOE6ci6Mjb8A56mE24QQq_-Yg1DgVW3R7zkpmfeBTuh_15tSVSiw/s200/Auto-Air-Conditioning-Expansion-Valve+bagus.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_RV70eue8GZcXg3673rQVkLo0PqVYBApt69UK6phg9FoT4u0PD_NzCW3ckjBNGRKyjJLYyW_N5DH9GKaRibG_6BnauSZSYIWkNQ2QnfHJnhv8HYpJ9t-PwrQP_4gK4hQJoaJbyVT-1oc/s200/thermal-expansion-valve-diagram.jpg
expansion valve - keran ekspansi berfungsi untuk mengatur seberapa banyak freon yang masuk
 kedalam evaporator dan secara otomatis. 
5. Evaporator  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5Sha71fgPjGSLHBOtJaJLPypIN0o66rMrLlf2qmMER8rw6MD86BhTsIbc8iZNDRYDYNxui7PADWMOTHV9FGTfQ32GFYcF7Z9MBAfAw976CspWvGG3TpdpIezYSv_6iUEiKtp5mEIQ_fY/s320/evaporator+ac++mobil+skynet.jpg
evaporator berfungsi sebagai tempat menguapnya cairan bahan pendingin sesuai dengan yang
 didesain tekanan freon antara 25 - 35 psi lihat tabel suhunya 29-40 derajat fahrenheit Blower dan
 evaporator dalam satu unit
6. Blower 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9OKa8Kur8I59-U_8BC0b73X6RWtB6Pm7MFCIn9L3GUB_XTsiCXOpY453JW6We7L0fRGo6Rn_yVdYI79v3SfqnAbPVx5t7HYSj0D8Kqa7J0Baz6rwk1JmboS1GI2mBkQ6yOTQTVzCJ07c/s320/Auto-Air-Conditioning-Evaporator.jpg
blower berfungsi untuk meniupkan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator ke ruang kabin
 kendaraan.




7. Thermostat 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9vDzwuoGimQjiyTPqMnBsfdhZkzC-uTFhc5i2Fwb-fqqJZmJkc5ctmuXSwZ1cIuikptkqRi_aUsihruWjXmpsodtHYKkx230N1aQwrPT6ZtlnGTe9a1zdf9uwSFA-FT2jAKti7wxCmR8/s200/car_air_conditioner_thermostat.jpg
Fungsi thermostat adalah pengatur suhu seberapa besar suhu yang diinginkan, umum ada dua 
konektor satu terhubung ke magnetic clutch kompresor yang satu lagi terhubung ke tombol 
dasbor ke jalur listrik positip atau ke relay sesuai dengan desain mobil. cara kerjanya jika suhu
 di evaporator yang diinginkan sudah tercapai maka themostat akan memutuskan arus listrik, 
maka compressor berhenti istirahat. erputar. maka proses pendinginan terhenti. ketika suhu
 evaporator dinginnya mulai berkurang, maka arus listrik terhubung kembali. dan kompresor 
berputar kembali. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmP8WGA7cFGyhDa4wk978vTsdLIZPRw3gQaftVqsCPWU09aoJZv0GfFOKeM55K9f1Y5fAjcyef4KezzqlpPvvbARUo0tzVREFwSeO98e3cTg6bMIHXdX-utt_pnCvF3idHMBsRmWazAjA/s400/superconductivity-temperature.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi55JNx-siz2v_JgDRL9R0fpVjhCRf36nq5LhA2tyAf92qHRshc44I0CXPp_seNr0TDGBy0qFGqwldYvrvnhr3ZfkVArhA0M3lczS3ASa7jfTkAwNqHkDkl0eeTZKmojBv8u_IFAhaA5s4/s640/sect_h1_chart.gif
Berikut Termometer untuk mengukur suhu udara angin blower
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhK0KcllSShxPpPZCkhaYwk89PnQ5n4Qn4xYiBFZ6Hi2JWyKuzbs4Ron9EOnEGdwkYq8LiUeVsUrdrIeo-MoFPn86-v7gOE9tpPlr4jBq74DQrsy1xXCYwodCPxB2dj7Cj1XZB3iXJICw4/s320/r134_thermometer.jpg  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjC3fWB_DIyoLqQkmgyaj0rh-riPyVVeY0RQLw9RNrgLf4-oMwtqVQSkehGLYnk-mnnpA-p_cBNEmW7PQIV85zS3-0ulKroyuakqf4XVLsGJvtsYS_lOhE3WfoWRhANcvyTQ9S7bJUvx90/s1600/R134a.jpeg

Berikut Bahan Pendingin R-134a 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcojwVLQe1GvKjIdWFckJMUMAMO-HI6gXy91vjrPk2NCFy3mubd7Jav0iYcwsBJnvfgBujqz_HYbDqpLIwvFnmq-ryqNdOX26xGr6e51cdAKwQwiOx6v5QDN9EjCBNljEr3IU6PubHHOA/s1600/freon.jpeg
 Berikut Manifold gauge 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrTWkPOi99knBZE_iM88vUQMswuU-MKzCmuugFhdo1-_k4wugEYwb8beEQpXEJjMMaxTHjAgbido4ZWCTDhGpc1KSNLkv1klWxGJDdepEtUl3Hws06di2RIP9dp6B1LyXA9Ah-xSxDsMs/s200/manifold+gauge+ac+mobil.jpg
Manifold gauge berfungsi untuk memasukan bahan pendingin, mengukur tekanan jalur pipa tekanan
 rendah dan jalur pipa tekanan tinggi, dan juga berfungsi untuk mendiagnosis masalah/causes ac mobil.
 harga satu set manifold gauge relatip murah 75 ribu s/d 150 ribu, saya saran kan belinya di toko alat 
 alat ac rumah harga lebih murah. Masalah Ac Mobil dan Solusinya Masalah ac mobil kurang 
dingin Berikut ini saya uraikan cara mendiagnosis masalah ac mobil, jika ac mobil anda dalam 
masalah. Melalui metode pengukuran tekanan sisi bagian rendah dan sisi bagian tinggi , 
maka dengan mudah menditeksi penyebab masalah ac mobil anda. cara diagnosis kerusakan ac mobil
 sebaiknya mobil jangan dihidupkan dahulu.! langkah pertama hubungkan selang gauge tekanan rendah
 pentil low pressure service value dan selang yang satu ke pentil high pressure service value pastikan 
gas freon tidak ada yang keluar dari pentil service. tekanan sisi rendah dan sisi tinggi relatip sama.
 Langkah kedua hidupkan mobil kontak ac hidupkan dalam keadaan langsam. atau posisi mesin pada
 RPM 2000. lihat tekanan sisi rendah dan sisi tinggi amati. seberapa besar tekanannya Standar Operasi
 Normal Ac mobil dingin mantap low side 25-35 psi High side 135-155 Psi Sebagai panduan untuk 
menditeksi masalah ac mobil anda Tabel dibawah ini bisa dijadikan panduan Kemungkinan alat yang
 rusak Ambient Temperature Skala ° F Low side Gauge Psi High side gauge Psi 
Compressor 90 50 120 Condenser 95 55 300 Drier 100 5 305 Keran Ekspansi 95 2 170 Keran ekspansi 
95 55 160 Thermostat 97 10 205 Thermostat 98 60 210 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhygN3ptTZ12GuxidYOQ_byQcV_cZp4zn5kMkbx1idEd7Jcg4QKYHYY9-Y2EEM7eY_kAXnAnIf8vAkkJqAvbwSGNN9dOcftbrlmcEZ4_KHGQQVcRRIZAJCjogzLWz_FxmZvoungPNkHOrQ/s400/testing_manifold_gauge_manifold_set_service_manifold.jpg
Masalah AC mobil Tidak Dingin Dalam kasus ini biasanya yang keluar dari blower hanya angin saja
 dinginnya sama sekali tidak ada, maka yang harus dilakukan ada beberapa langkah pengecekan : 
periksa fan belt cek magnetic clutch cek sensor tekanan periksa sekering ac periksa relay ac periksa 
bahan pendingin 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUnkTv3-XAABAjAxiKOoy0xPFUwqd2GXdbUbhzQrk1STTB8mWQ14SRsKozeR_S2xBhSQHnCYyhO6xT5ghNlMz-Ek-tKeFWbMmeHC1tpfsdzCts_2NZIeBClcNiuOYUQ4knWPF1d53rsM8/s400/masalah+ac+mobil.jpg
langkah pertama hidupkan mobil dan sistem ac dalam keadaan on, periksa drive belt apakah berputar, 
jika berputar selanjutnya cek magnetic clutch apakah ikut berputar, jika tidak berputar dapat dipastikan
 magnet tidak menerima arus listrik langkah 2 selanjutnya cek sensor tekanan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJQKRV09cbRyoAombbHXivDdz_s3yqIYjHi589QmqraSCbEb3J6f0iWttMgdoGyON0Jv0PZrqdNdgpl5JXFQijb3uWSrNljLM8a9iSNH6sISbMkb_Cut4OZxETE_2GhJ8FEeX0jVwRx6Y/s320/sensor+tekanan+ac+mobil.gif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihVQb2Z7GhbNGLOh27vHHPUNzO475kpnL4N93TV-I3FEIAWFG1qKX0G0VS0v3RZulNRqGetHIZQwn-pV5lYr3dHy_R5gF5RGO6Ao5MEqKv0PdjFxOe6KUtHPHL8-bXx_iGh4Ljo9M2ImM/s1600/sensor+tekanan+ac.jpeg
coba hubungkan dua kutub sensor tekanan dengan menggunakan kabel pendek jika magnetic clutch 
berputar dapat dipastikan penyebab kerusakan adalah sensor tekanan dalam keadaan ac normal tanpa 
sensor dapat ac mobil dapat digunakan. jika magnetic clutch tetap tidak berputar selajutnya test arus
 listrik, ambil tespen periksa 2 kutub sensor tekanan, jika tespen tidak menyala dapat dipastikan 
kerusakannya pada area relay atau sekering, lokasi sekering a/c atau relay biasanya ada dibawah dasbor.
didekat area mesin biasanya kotak sekering maupun relay tertulis A/C 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggthIy_gAnli9u4EioooFaG9fw15Krb5DR_70QpQ94yxMwBajmaddGyVUQ6klRsYh4gQY_gMcl9CV5w1tdLnlR_cAK15rxFmhkO1AhGTbCZY_Wi8_TIlyuYt638-AhZvsWSI_4dVU86ho/s400/tes+relay+ac+mobil.jpg
jika semua sistem kelistrikan sudah ok namun ac tidak dingin : ada dua kemungkinan penyebabnya
 bahan pendingin habis coba cek pentil untuk memasukan bahan pendingin ,ditekan pakai paku atau
 obeng plus jika bahan pendingin masih ada, selanjutnya lakukan langkah matikan mesin : tes magnetic 
clutch lepas soket hubungkan dengan kabel 1 meter kemudian langsung jumper ke terminal positip aki
 jika tidak terdengan bunyi : trek2 dapat dipastikan magnetnya rusak sumber

Tambahan :
DIAGNOSA KERUSAKAN AC
Bermacam cara dapat dilaksanakan untuk pengetesan sistem AC, antara lain:
1. Tes tekanan
2. Tes temperatur
3. Tes kebocoran



1. Tes Tekanan.
Untuk melakukan tes tekanan, mesin harus berputar pada > 2000 Rpm. Sistem AC yang bekerja
 normal saluran hisap (Tekanan Rendah) kompresor, zat pendingin harus berupa gas dengan
 tekanan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi).Pada saluran tekan (Tekanan Tinggi) kompresor zat pendingin
 masih berbentuk gas dengan tekanan 14,5 – 20 bar (200 – 213 psi).

  1. Kedua manometer menunjukkan tekanan yang rendah dari semestinya

Gambar Manometer menunjukkan tekanan lebih rendah

Penyebab :
  • Tekanan yang kurang pada saluran tekan dan saluran hisap kompresor menunjukkan zat pendingin yang 
    beredar dalam sistem volumenya sudah berkurang.
    Kekurangan zat pendingin yang sudah diisi penuh disebabkan kebocoran pada sistem, akibatnya sistem
     AC bekerja tidak efisien (AC kurang dingin).
  • Bila tekanan tinggi diukur setelah saringan, hal ini bisa menunjukkan saringan sudah kotor.

 b. Kedua manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar
Gambar manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar
 
Penyebab :
  • Pengisian zat pendingin terlalu banyak.Tekanan pada bagian tekanan tinggi akan naik, volume zat 
    pendingin yang disemprotkan katup ekspansi akan lebih besar, menyebabkan saluran tekanan rendah
     naik pula tekanannya.
  • Pendingin kondensor yang kurang baik, menyebabkan temperatur evaporator menjadi naik, dan tekanan
     pipa kontrol katup ekspansi akan naik juga mengakibatkan katup ekspansi akan selalu membuka. 
    Tekanan kedua bagian saluran tekanan tinggi dan rendah akan naik.
  • Bila manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar lagi pada kedua saluran, hal ini berarti ada uap 
    air yang beredar dalam sistem.
  • Pengisian zat pendingin yang terlalu banyak harus dihindari, karena sistem AC bekerja lebih berat dan 
    terasa kurang dingin.

 c. Manomater tekanan rendah lebih tinggi dan manometer tekanan tinggi lebih rendah
Gambar Manometer tekanan rendah lebih tinggi dan tekanan tinggi lebih rendah

Penyebab :
  • Kebocoran pada bagian–bagian yang bergesekan dari kompresor seperti katup–katup cincin torak, 
    menyebabkan kompresor tidak bekerja dengan baik.
  • Langkah tekan kompresor tidak menghasilkan tekanan yang lebih tinggi dan temperatur evaporator naik,
     katup expansi akan selalu terbuka.
  • Katup–katup kompresor yang rusak akan menyebabkan zat pendinginan yang ditekan akan mengalami
     kebocoran kebagian saluran hisap, akibatnya saluran hisap tekanannya akan lebih naik/tinggi dan bagian
     saluran tekanan, tekanannya akan turun/rendah
 2. Tes temperatur.
a. Mengukur temperatur udara dalam saluran evaporator.
Pengetesan kemampuan sistem AC dengan cara ini masih pada putaran mesin ? 2000 rpm, 
AC bekerja dengan beban penuh dan pengetesan dengan manometer menunjukkan sistem tidak 
ada kesalahan.

Gambar pengukuran temperatur udara dalam saluran evaporator
Tabel perbandingan temperatur udara luar dan temperatur udara dalam saluran evaporator di 
bawah ini, dapat dijadikan pedoman untuk tes temperatur.
Tabel perbandingan temperatur
 

b. Mengukur temperatur ruangan AC & kelembaban
Prosentase kelembaban udara relatif yang lebih besar dapat diturunkan oleh sistem AC, karena 
udara yang basah/lembab akan dikeringkan oleh evaporator, hal ini terlihat adanya tetesan air 
(kondensasi) di sekitar pipa – pipa evaporator. Menggunakan Higrometer kita dapat mengukur
 kelembaban udara dalam ruangan AC, kelembaban udara yang ideal adalah 45 –50% dengan 
temperatur ruangan 20 - 22ºC. Bila kelembaban udara luar tidak jauh berbeda dengan 
kelembaban udara dalam ruangan AC, hal ini berarti evaporator terlalu basah & kotor. 
Gejala ini juga terasa AC kurang dingin.

3. Tes kebocoran
Mengetes kebocoran zat pendingin pada sistem dapat dilakukan dengan macam– macam cara,
 secara sederhana dapat dilakukan dengan memeriksa sambungan – sambungan instalasi pipa
 memakai busa sabun, atau dengan kompor nyala api sipiritus.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar